Jakarta, 25 Desember 2025 – Menyambut libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Bank Raya berkomitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi perbankan dengan mengedukasi nasabah agar waspada terhadap potensi fraud dan dapat menjaga keamanan data pribadi, serta berhati-hati dalam bertransaksi. Untuk mendukung hal tersebut, Bank Raya menyiapkan layanan Sapa Raya 24 jam/7 hari, serta 23 Community Branch Bank Raya di seluruh Indonesia yang tetap membuka layanan pada periode 29 – 31 Desember 2025.
Layanan Sapa Raya dapat diakses melalui fitur live chat pada Aplikasi Raya, atau nomor telepon 1500494, atau melalui whatsapp 0812-1000-0494. Nasabah juga dapat mengakses website Bank Raya www.bankraya.co.id maupun social media resmi Bank Raya di Instagram (@bankraya), Tiktok (@bankraya) untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan Bank Raya.
Lukman Hakim selaku Direktur Digital dan Operasional Bank Raya mengatakan, “Keamanan dan kenyamanan nasabah adalah prioritas utama Bank Raya, untuk itu kami terus mengupayakan layanan terbaik bagi nasabah, termasuk di momen libur panjang yang berpotensi terhadap aktivitas transaksi cukup tinggi. Oleh karena itu, kami memastikan seluruh layanan tetap berjalan optimal. Kami mengimbau agar nasabah dapat mengoptimalkan transaksi melalui Aplikasi Raya agar lebih praktis dan nyaman.”
Untuk dapat bertransaksi perbankan dengan nyaman maka nasabah dapat memperhatikan tips sebagai berikut:
1. Hindari membagikan data pribadi
Informasi seperti nomor kartu kredit, kata sandi, tabungan/aset, riwayat transaksi, dan detail identitas pribadi seperti nomor KTP, dapat dieksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan penipuan atau kejahatan lainnya. Untuk itu, hindari membagikan data pribadi seperti PIN, kata sandi, dan kode OTP untuk menjaga keamanan dari penipuan online.
2. Gunakan metode pembayaran digital resmi
Pastikan untuk menggunakan metode transaksi dari lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi secara resmi oleh pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan antara lain transfer bank, virtual account (VA), dompet digital, ATM Link, dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard).
3. Tingkatkan keamanan transaksi digital
Aktifkan Two Factor Authentication/OTP selalu aktif untuk keamanan ekstra, hindari tautan mencurigakan, hindari wifi publik, lakukan verifikasi pengirim dengan selalu memastikan keaslian pengirim pesan atau tautan yang dikunjungi. Pada Aplikasi Raya juga memungkinkan nasabah menerapkan MFA (Multifactor Authentication) sebagai pengamanan ekstra untuk transaksi nasabah diatas batasan tertentu dengan metode biometric validation, yaitu metode autentikasi menggunakan data biometris wajah.
4. Monitor aktivitas akun dan rekening
Aktifkan notifikasi untuk mengetahui aktivitas di rekeningmu, dan cek secara berkala mutasi rekening.
5. Segera hubungi Call Center jika mengalami transaksi yang mencurigakan atau kendala dalam bertransaksi.
Lukman menambahkan bahwa Bank Raya terus meningkatkan layanan dari Call Center Sapa Raya. Setiap keluhan nasabah ditangani dengan service level yang sesuai, sehingga layanan call center penting dalam memberikan pendampingan kepada nasabah dalam bertransaksi menggunakan Bank Raya dan mendapatkan informasi tentang produk maupun jasa dengan akurat.
Disamping itu, selama libur panjang Nataru, nasabah Bank Raya juga dapat mengakses layanan setor dan tarik tunai melalui layanan laku pandai agen BRILink, serta tarik tunai di Indomaret di seluruh Indonesia. Adapun jumlah agen BRIlink telah mencapai lebih dari 1 juta outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. Disamping itu, pengajuan digital loan juga masih bisa dioptimalkan selama libur panjang melalui BRILink Mobile untuk Pinang Dana Talangan dan Pinang Flexi untuk pengajuan pinjaman multiguna.
Nasabah juga dapat memanfaatkan berbagai fitur di Bank Raya untuk bertransaksi selama libur panjang, seperti misalnya berbelanja di berbagai merchant dengan menggunakan QRIS dari Bank Raya, membeli pulsa dan paket data, pembelian token listrik dan pembayaran tagihan listrik, pembayaran kartu kredit, pembayaran internet, TV kabel, dan Virtual Account.
“Bank Raya juga akan memastikan kesiapan jaringan IT secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga. Kami juga menghimbau kepada seluruh nasabah Bank Raya untuk tetap bijak dalam bertransaksi, dan berhati-hati terhadap berbagai modus penipuan termasuk phishing, smishing, fake BTS, skimming, malware APK, dan dalam rangka melindungi data pribadi, serta keamanan dana dan rekening nasabah yang mengatasnamakan Bank Raya” tambah Lukman.
“Kami mengucapkan selamat berlibur kepada seluruh nasabah, dan terima kasih sudah mempercayai Bank Raya sebagai kawan finansial untuk setiap transaksi perbankan digital Anda.” Tutup Lukman.
Artikel ini juga tayang di Vritimes
